🌱 Radit's Boredom in Disguise

Search

Search IconIcon to open search

Tugas Perkembangan Manusia

Last updated Aug 10, 2022

Dalam karyanya yang berjudul Developmental Psycology atau Psikologi Perkembangan,  Elizabeth B. Hurlock membagi tahap perkembangan manusia menjadi 10 periode, yaitu:

  1. Masa Sebelum Lahir (Pranatal)
    Masa pranatal dimulai ketika terjadinya pembuahan ovum oleh sperma yang menghasilkan  zigot. Zigot ini kemudian tumbuh sebagai janin di dalam rahim selama lebih kurang 9 bulan sebelum lahir ke dunia.
  2. Masa Bayi Baru Lahir (New Born)
    Setelah melahirkan, tahap perkembangan manusia selanjutnya adalah sebagai bayi baru lahir atau new born. Tahap yang berlangsung selama 0-2 minggu ini ditandai dengan proses  adaptasi bayi terhadap lingkungan barunya.
  3. Masa Bayi (Babyhood)
    Masa bayi berlangsung antara usia 2 minggu hingga 2 tahun. Pada masa ini seorang individu sudah mulai beradaptasi dengan lingkungan terdekatnya. Pada masa ini seorang individu mulai  berinteraksi dengan lingkungannya, belajar berkomunikasi dan juga mulai mengasah kemampuan motorik sensoriknya.
  4. Masa Kanak-Kanak Awal (Early Childhood)
    Periode early childhood, yang juga biasa disebut periode pra-sekolah, dimulai sejak anak berusia 2 tahun hingga usia 6 tahun. Pada periode ini, seorang individu sudah mulai bisa melakukan hal-hal sederhana secara mandiri. Selain itu, kemampuan berkomunikasi, berbahasa, skil motorik sensoriknya juga akan semakin berkembang pesat. Selain dengan keluarga inti, individu pada usia ini juga mulai berinteraksi dengan orang-orang diluar keluarga seperti kerabat, tetangga, atau teman di kelompok belajarnya.
  5. Masa Kanak-Kanak Akhir (Later Chilhood)
    Masa kanak-kanak akhir, yaitu antara usia 6 hingga 12 tahun, adalah masa dimana individu sudah memasuki usia sekolah, yakni taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Di masa ini, seorang individu mulai mempelajari  keterampilan dasar seperti membaca, menulis, berhitung, dan juga keterampilan-keterampilan lainnya. Hubungan sosial individu juga berkembang lebih luas dari sebelumnya.
  6. Masa Puber (Puberty)
    Masa pubertas merupakan masa peralihan antara masa kanak-kanan ke masa remaja. Masa pubertas anak laki-laki biasanya dimulai sejak usia 13 hingga 15 tahun. Sementara itu, usia pubertas anak perempuan adalah antara 9 hingga 12 tahun. Masa ini ditandai dengan mulai munculnya perubahan fisik dan psikis atau emosional seorang anak yang juga akan mempengaruhi perubahan sosialnya. Perubahan-perubahan tersebut diakibatkan mulai aktifnya hormon-hormon pertumbuhan dan hormon seksual yang menandakan mulai memasuki masa kedewasaan.
  7. Masa Remaja ( Adolesence)
    Masa remaja sebenarnya merupakan kelanjutan dari masa pubertas, dimana pada masa ini perubahan-perubahan fisik sudah semakin nampak jelas. Pada masa remaja akhir, perkembangan emosional remaja biasanya sudah mulai stabil. Mereka juga mulai bisa berpikir lebih logis,  abstrak, dan idealis. Secara hubungan sosial, secara umum remaja usia akhir lebih suka dan dekat hubungannya dengan teman-teman pergaulannya dibandingkan dengan keluarganya.
  8. Masa Dewasa Awal (Early Adulthood)
    Masa dewasa awal dimulai ketika seseorang memasuki usia 20 tahunan. Pada periode ini, seorang individu mulai membangun kemandirian pribadi dan kemandirian ekonominya. Selain itu, mereka juga mulai memikirkan mengenai perkembangan karir, memilih pasangan untuk membina keluarga dan mendidik anak-anaknya.
  9. Masa Dewasa Madya(Middle Adulthood)
    Periode dewasa madya dimulai pada usia 35 tahun hingga sekitar usia 50-60an tahun. Di masa ini seseorang pada umumnya sudah mencapai kemapanan secara ekonomi dan sudah berkeluarga. Masa dewasa madya merupakan saat bagi seorang individu untuk memperluas keterlibatannya dalam tanggung jawab pribadi dan sosial.
  10. Masa Usia Lanjut (Later Adulthood)
    Setelah memasuki usia 60 tahunan, seorang individu akan mulai melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap fase melemahkan kondisi fisik dan kesehatan. Di rentang usia ini seseorang biasanya juga sudah memasuki masa pensiun sehingga mereka akan lebih banyak waktu di rumah dengan keluarga dan melakukan  peran sosial baru.

Info Sumber Rujukan https://haloedukasi.com/tahap-perkembangan-menurut-hurlock